Monday, January 6, 2020

Akibat Share-an yang Ternyata Hoax di Grup Keluarga Pagi Ini

Grup keluarga memanglah rentan akan penyebaran berita dan atau informasi yang mengandung konten HOAX alias gak bs dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ndilalah yang posting biasanya dalam hierarki keluarga ada di urutan "petinggi",jd kalo mau dikoreksi,yg muda suka ngerasa segan.

Tapi jangan segan itu dijadikan kebiasaan. 

Jelaskan. Sebab sesaat kamu tau, tanggungjawab penyebaran ada di kamu. 

Sampaikan dengan cara yang sopan dan jika kamu menghadapi penolakan, berikan bukti bahwa berita ato informasi yang disampaikan itu salah, atau kurang tepat, yang mana ini berarti, jadilah MAU untuk memilah berita dan atau informasi yang kita terima. Selain itu, kita juga harus paham sama yang namanya HOAX alias berita yang kejadian sebenarnya gak ada, tapi di ada-ada in, dengan berita yang sebenarnya memang ada, tetapi penyampaiannya sudah sedemikian rupa hingga mengaburkan bahkan menghilangjan fakta yang nyata terjadi. 

Kenapa? Karena tidak menutup kemungkinan, ada informasi yang benar dalam berita itu, atau informasi itu, tapi dibahasakan secara berlebihan sehingga dalam sekali baca, yang kita tangkap bukan fakta, melainkan tambahan-tambahan yang bisa atau seringkali ternyata, rekaan belaka.

Sudah, cukup. Negara 62 ini sudah cukup punya banyak kesimpangsiuran yang beredar, yok, jangan ditambahi.

Thursday, January 2, 2020

HAPPY NEW YEAR!!!

Hari kedua di tahun 2020 uda ngapain aja kalian gaes?
Gw? Rebahan lah! Rebahan is laif gaes!
Jadi gimana?
Apa resolusi lu tahun 2020?
Gw? Gak ada, gak buat resolusi, cuma pengen lebih banyak bersyukur, bersyukur gw dikasih hidup sampe hari ini meskipun agak overweight but dont't worry i'm working on it, no pressure but demi kesehatan memang kudu agak kurusan dikit, bersyukur masih punya keluarga, gak peduli sengeselin apapun mereka, bersyukur punya kerjaan dengan penghasilan yang meskipun gak bikin saldo gw berlebihan tapi setidaknya gak lagi gw dibiayain sama orang tua, bersyukur punya orang yang sayang dan peduli banget sama gw, bersyukur punya temen-temen yang bisa diajak ngebacot bareng, so yeah, nope, not making any resolusi, just going to live my life the fullest, semampu yang gw bisa, sambil tidak henti-hentinya bersyukur.

Ngeluh si tetep, ya namanya juga kambing yang terpapar manusia, tapi tetep, bersyukur nya harus kenceng diusahain.

So, cuma mau bilang, apapun resolusi yang kalian buat tahun ini, semoga satu persatu, atau mayoritas jika belum semuanya bisa kalian capai, tapi jangan pernah lupa untuk bersyukur ya, bersyukur, apapun yang terjadi, bersyukur, gak susah kok bersyukur, yang repot tu syukuran, GILLLLZZZZ kudu bikin panitia lu, sewa tenda, bersih-bersih rumah, bentang ambal, siapin makanan, kotak nasi, aqua gelas berkotak-kotak, pake ngundang-ngundang pula, nah itu baru repot, bersyukur mah gampil, santuy kapan aja bisa. Percaya sama gw.

Percaya lu sama gw? Padahal gw kambing lho, bukan Rudy Hadisuwarno, yaaaa ketauan umur.

Happy New Year 2020 gaes, semoga kita banyakan happy nya di tahun ini!